Penerapan Firewall pada Jaringan

firewall

Network Based Firewall

Tidak seperti firewall yang terinstall di dalam sebuah PC dimana berfungsi untuk melindungi PC itu sendiri, Network Based Firewall merupakan perangkat yang bertugas khusus memberikan proteksi terhadap seluruh PC / perangkat yang ada di dalam jaringan.

Pada firewall dapat diterapkan banyak rules sesuai kebutuhan dalam perusahaan. Rules dapat diterapkan berdasarkan IP Address, Domain name, Protocol, Aplikasi, Port, maupun Keyword.

Sebagai contoh pemberian rules based on port dapat dilihat pada tabel, akses menuju Port 80 (HTTP), 25 (SMTP) dan 110 (POP3) diizinkan / allow, sementara itu port 23 (Telnet) dan 3389 (RDP) ditolak / deny.

Example of Firewall Rules based on Port
Firewall Rules

Fungsi advanced lainnya dapat dilakukan seperti memblokir aplikasi tertentu pada jaringan, memblokir website tertentu, memblokir keyword tertentu, semua ditentukan berdasarkan kebutuhan dalam jaringan perusahaan untuk tujuan memberikan perlindungan maksimum.

Firewall jenis terbaru saat ini disebut NGFW yang merupakan akronim dari Next Generation Firewalls. Tersedia beragam merk di pasaran dengan banyak pilihan tipe. Berdasarkan diskusi pada komunitas, yang cukup banyak digunakan di Indonesia adalah Fortigate dan Palo Alto.

Share this: