Pengaturan Bandwidth Internet

internet

Penggunaan internet yang di sharing dalam lingkungan rumah dengan 5-10 pengguna mungkin tidak sering bermasalah, namun bagaimana dengan lingkungan kantor ? Hal ini bisa menjadi masalah, apalagi jika pengguna sebanyak 20,30, 50 hingga lebih dari 100 pengguna. Ini membutuhkan pengaturan yang disebut Bandwidth Management.

Bandwidth Management mutlak diperlukan untuk bisa melakukan alokasi bandwidth sesuai kebutuhan pengguna, pengaturan dapat dilakukan per departemen ataupun per kebutuhan, karena tidak semua pengguna dalam satu departemen membutuhkan bandwidth yang sama.

Pengaturan yang tepat akan dapat memaksimalkan kecepatan bandwidth yang Anda beli dari ISP (Internet Service Provider). Tanpa pengaturan bandwidth, maka pengguna akan saling berebut bandwidth sehingga menyebabkan kelambatan internet secara keseluruhan.

Dedicated Bandwidth

Untuk kebutuhan kantor yang sibuk, sangat direkomendasikan menggunakan internet dengan layanan dedicated bandwidth, atau disebut juga 1:1 (baca satu banding satu), karena ini akan memberikan jaminan kecepatan download maupun upload. Misal anda berlangganan 20Mbps, maka bandwidth yang didapatkan adalah download 20 Mbps dan upload 20 Mbps. Sehingga untuk layanan pengiriman email yang padat, ataupun video call, ataupun akses cloud tidak mengalami gangguan.

Jangan berlangganan layanan sharing bandwidth, yang sering disebut dengan bandwidth up to, layanan sharing bandwidth lebih tepat jika digunakan di rumah karena sharing bandwidth lebih besar pada download dan sangat kecil pada upload, umumnya 1 banding 5, misalnya download 20Mbps sedangkan uploadnya hanya up to 4 Mbps. Dan ini juga sangat ditentukan dengan kepadatan jaringan di sekitarnya.

Share this: